Sunday, September 24, 2017


Toyota yang dikenal sebagai pabrikan mobil paling banyak diminati di Indonesia kabarnya tengah menyiapkan tipe mobil MPV LCGC (Low Cost Green Car) terbarunya yang akan diluncurkan pada bulan Agustus mendatang. Mobil keluarga yang akan dijuluki Toyota Calya ini nantinya diperkirakan akan dapat menggeser pesaingnya yang sudah terlebih dahulu muncul sebagai jagoan pada segmen LCGC, Datsun GO+ Panca. Datsun GO+ Panca menjadi primadona pada segmen LCGC karena memiliki desain eksterior dan interior yang cukup mewah namun dapat dibeli dengan harga yang sangat murah. Bahkan beberapa pakar otomotif mengelompokkannya pada daftar mobil murah di pasaran otomotif Indonesia.

Kira-kira apakah Toyota Calya ini akan benar-benar dapat menggeser Datsun GO+ Panca dari predikatnya sebagai mobil LCGC murah di Indonesia? Berikut ulasan prediksi komparasi antara keduanya.

Mesin
Meski pihak Toyota Astra Motor (TAM) belum memberikan keterangan resmi terkait spesifikasi yang diusung oleh MPV LCGC terbarunya Calya, namun menurut beberapa sumber Toyota Calya akan mengangkat mesin dengan kode 3NR-FE yang memiliki teknologi dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc 3 silinder dengan tenaga sebesar 86 Hp serta torsi maksimal mencapai 108 Nm. Secara umum, mesin yang diusung oleh Calya tak jauh berbeda dengan Toyota Etios hanya saja dilengkapi dengan dual VVT-i. 

Sementara Datsun GO+ Panca memiliki mesin dengan kapasitas 1.198 cc 3 silinder yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 67 Hp dalam putaran 5.000 Rpm dan torsi 104 Nm. Apabila kita lihat dari kapasitas mesin yang dimiliki Toyota Calya dan Datsun GO+ Panca, keduanya hampir memiliki kapasitas yang serupa. Meski demikian, Toyota Calya masih menang dalam hal ini sebab memiliki tenaga yang sedikit lebih tinggi dari Datsun GO+ Panca, selain itu Toyota Calya merupakan salah satu mobil irit bahan bakar lantaran dibekali berbagai teknologi terkini.

Desain
Perkara desain, Datsun GO+ Panca terbilang cukup futuristik karena memiliki grill depan yang unik hingga ke bagian bahu belakang. Sementara di bagian samping, kalian dapat melihat lekukan yang menyerupai otot sehingga memiliki kesan atletis. Pada ruang kabin pun mobil MPV pabrikan Datsun ini cukup mendapat nilai yang bagus lantaran memiliki beragam fitur hiburan. Hanya saja meski mobil ini memiliki tiga baris kursi, tetap saja kursi pada barisan belakang memiliki ruang yang lebih kecil yang hanya muat untuk ukuran anak-anak saja.

Sementara Toyota Calya tampil lebih stylish dengan memiliki poros depan yang serupa dengan Toyota Yaris. Pada bagian belakang, mobil ini sedikit menyerupai Kijang Innova utamanya pada bagian lampu stop. 

Fitur
Meski Datsun GO+ Panca masuk dalam kategori mobil murah, namun mobil ini memiliki berbagai fitur yang tak kalah canggih dengan fitur-fitur yang ada pada mobil yang harganya lebih tinggi. Sebagai contoh, Datsun GO+ Panca memiliki fitur mobile dockig station yang memungkinkan kalian dapat menerima panggilan telepon dan sms pada smartphone=mu, selain itu adapula fitur AUX dan USB serta banyak fitur-fitur lain yang tak kalah canggih.

Sementara Toyota Calya yang kabarnya akan dibanderol dengan harga di atas Toyota Agya akan dibekali dengan berbagai fitur seperti AC double blower, one touch tumble, bluetooth, airbag, seatbelt tiga titik dan ISOFIX. 

Harga
Meski TAM belum memberikan keterangan resmi mengenai harga yang akan dibanderol untuk Toyota Calya, tapi menurut sumber mobil ini akan berada pada kisaran pertengahan antara Agya dan Avanza yang kira-kira sebesar Rp 125 juta – Rp 160 jutaan.

Sementara Datsun GO+ Panca masih unggul menjadi harga mobil Datsun paling murah lantaran berkisar antara Rp 95,6 juta hingga Rp 102,9 juta.


Sumber Gambar: hargadatsunmakassar.com 

0 comments :

Post a Comment